Pages

Senin, 16 Maret 2009

ram

MEMORY RAM DUAL-CHANNEL

Semakin pesat perkembangan teknologi processor sekarang ini tidak dapat dinikmati dengan maksimal karena teknologi lain yang sangat berkaitan erat tidak ikut serta untuk menyeimbanginya. Di antaranya adalah teknologi yang dimiliki oleh memory (RAM) dan motherboard. Kedua benda ini sangat erat kaitannya dengan kerja processor, sehingga perkembangannya juga akan mempengaruhi kinerja komputer.
Dengan berbagai macam perkembangan dan kemajuan telah dialami oleh beberapa perangkat – perangkat penunjang ini, dan termasuk memory RAM. Meskipun kecepatan perkembangannya tidak sepesat processor, tetapi kini kinerja memory RAM telah dapat memberikan dukungan yang maksimal. Dan tidak hanya teknologi atau bentuk fisik dari memory RAM-nya saja, tetapi juga sistem pemasangan yang ada pada motherboard juga ikut mengalami peningkatan yang pesat. Dulu hanya sistem single-channel saja yang dipergunakan, tetapi pada saat sekarang ini sudah ada sistem yang dinamakan dual-channel. Dual-channel merupakan sebuah sistem yang dapat meningkatkan kinerja komputer menjadi lebih efektif. Dengan memakai sistem ini, processor akan memiliki lebih sedikit lagi waktu menganggur.
Teknologi dual-channel ini sudah mulai diperkenalkan sejak RDRAM mulai dipergunakan. Tetapi, harga yang ditawarkan untuk sistem ini sangat mahal dari RDRAM akan mendorong teknologi secara terus – menerus bergerak sampai ditemukan DDR DRAM yang merupakan memory RAM yang lebih terbaru daripada RDRAM. Keberhasilan dual-channel pada RDRAM akan dicoba juga pada Memory DDR DRAM, dan memiliki hasil yang dapat optimal. Sama seperti hal dengan RDRAM, dual-channel yang terdapat pada DDR juga memerlukan kemampuan motherboard yang sangat mendukung. Jika motherboard yang digunakan tidak memiliki fasilitas yang memungkinkan untuk digunakan, maka teknologi memory RAM ini tidak akan dapat diterapkan.
Pada saat sekarang ini sudah banyak motherboard yang dapat digunakan untuk sistem dual-channel memory, baik dengan menggunakan memory DDR DRAM maupun dengan memory RDRAM. Harga untuk motherboard ini (dual-channel) lebih mahal dibandingkan motherboard berkemampuan biasa atau motherboard dengan kemampuan single-channel saja. Karena hanya ada beberapa bagian dalam motherboard tersebut yang harus didesain khusus untuk menunjang sistem dual-channel ini. Tetapi untuk pelaksanaannya, anda tidak perlu melakukan proses penginstalasian yang sangat sulit.
Teknologi Terbaru Memori Komputer
MRAM: Teknologi Terbaru Memori Komputer, 10 Kali Lebih Cepat dari RAM
Kecepatan komputer selalu didambakan oleh siapa saja. Berbagai usaha dan penelitian terus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komputer. Beberapa waktu yang lalu super komputer tercepat di dunia telah hadir untuk membantu militer amerika melakukan perhitungan. Kini giliran sebuah teknologi di bidang Memory komputer.
Sebelumnya Anda pasti pernah mendengar istilah RAM (Ramdom Access Memory) untuk menyebut memory komputer. Memory RAM ini memiliki berbagai jenis mulai dari EDO RAM, DDR1, DDR2 dan beberapa jenis lainnya.
Namun ternyata RAM saja belum cukup untuk memuaskan kebutuhan manusia akan tuntutan kecepatan. Oleh karena itu, Fisikawan dan Insinyur Jerman mengembangkan sebuah jenis memory baru.
Memory tersebut diberi nama Magnetoresistive Random Access Memory (MRAM), memory ini bukan hanya lebih cepat daripada RAM tetapi juga Lebih hemat Energi. Kehadiran MRAM sepertinya akan meningkatkan perkembangan mobile computing dan level penyimpanan dengan cara membalik arah kutub utara-selatan medan magnit.
IBM dan beberapa perusahaan pengembang yang lain berencana menggunakan MRAM, MRAM ini akan memutar elektron-elektron untuk mengganti kutub magnet. Hal ini juga dikenal sebagai spin-torque MRAM (Torsi putar MRAM) teknologi inilah yang kini sedang dikembangkan oleh para fisikawan dan insinyur Jerman.
Dengan membangun pilar-pilar kecil berukuran 165 nano meter, akan mengakibatkan magnet variabel pada atas lapisan akan mengakibatkan arus listrik mengalir dari bawah ke atas dan akan memutar posisi elektron. Medan magnet ini akan berubah dan hanya membutuhkan sedikit waktu untuk merubah kutub medan magnet ini. Kemudian kutub utara dan selatan akan bertukar.
Kecepatan MRAM mencapai 10 kali lipat kecepatan RAM. Kecepatan ini masih bisa terus dikembangkan dimasa depan.

0 komentar:

Anda Pengunjung Ke-